08 Agustus 2007

Tribun Ambruk, Sirkuit Shanghai Pede

Sementara itu, Sirkuit Shanghai dilaporkan mengalami keusakan cukup parah akibat badai berkecepatan 130 km/jam pada Jumat (3/8) lalu waktu setempat. Pengelola sirkuit sepanjang 5,451 km menyatakan tidak akan melakukan renovasi dalam waktu dekat, setidaknya sampai akhir tahun nanti.

Akibat serangan badai tersebut, empat pilar tribun sirkuit berkapasitas 200 ribu penonton tersebut ambruk. Padahal, Shanghai akan menjadi penyelenggara seri ke-16 Formula 1 pada 7 Oktober mendatang. Mengutip laporan pengelola sirkuit yang dilansir harian lokal Shanghai Daily, selain robohnya pilar penyangga tribun, beberapa kursi tribun rusak. Sayang, tidak dilaporkan berapa jumlah kursi yang rusak tersebut.

"Kami belum akan merenovasi tribun, kecuali melakukan tindakan seperti menyingkirkan rongsokan kursi itu dan membersihkan puing-puing. Perbaikan membutuhkan proses yang tidak sebentar karena kami harus melakukan sejumlah tes keamanan jika melakukan hal itu," urai Wang Ying, deputi manajer Sirkuit Shanghai kepada Reuters.

Wang juga menyatakan bahwa penonton yang sudah telanjur memesan tempat di tribun yang rusak itu tidak bisa membatalkan transaksi. Mereka nantinya akan dipindahkan ke areal lainnya. Sarana lainnya, seperti lampu penerangan sirkuit yang dikabarkan mengalami kerusakan, ternyata masih berfungsi karena konstruksinya cukup kokoh.

"Tidak ada masalah dengan fasilitas lainnya. Kami yakin penyelenggaran nantinya akan berjalan lancar," tandas Wang.

Badai di Sirkuit Shanghai itu seolah menambah rentetan masalah yang sebelumnya terjadi di internal perusahaan pengelola sirkuit tersebut. Yakni kala salah satu pejabat perusahaan beraset USD 350 juta (Rp 3,15 triliun) itu, Yu Zhifei, dipecat Mei lalu gara-gara tindak korupsi.

(Dikutip dari jawapos.com)

Tidak ada komentar:

Blogger Indonesia